x

#htmlcaption1 aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management #htmlcaption1 aj43 Management #htmlcaption2 aj43 Management #htmlcaption1
Selamat Datang di Website AJ43 Management / WA : 0899-0019-009 "Salam Hangat"

Jumat, 05 Desember 2014

KARAKTERISTIK KABEL FIBER OPTIK


Salah satu perusahan yang memproduksi kabel fiber optik di Indonesia adalah PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk yang terletak di Jl. Raya Narogong Km. 16 Cileungsi-Bogor 16820. Selain kabel fiber optik PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk memproduksi kabel Aluminium Low Voltage, Kabel Electric, kabel Medium Voltage dan kabel Power. Selama lebih dari 38 tahun, PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk telah menjadi produsen kabel terkemuka di Indonesia. PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk bertekad untuk terus berkembang secara berkelanjutan demi mencapai Visi dan Misi PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk



Factory & Operational Office
Jl. Raya Narogong Km.16,
Cileungsi, Bogor 16820 - Indonesia
Tel. : + 62 - 21 - 8230 525 ; 8249 1720
Fax. : + 62 - 21 - 8230 525 ; 8249 1720
Email : ve@voksel.co.id

Pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang definisi dan karatristrik kabel fiber optik.

APA ITU FIBER OPTIK ?
Fiber optic biasanya panjang, sangat tipis dan terbuat dari gelas murni dengan diameter kurang lebih sama dengan sehelai rambut manusia. Sekumpulan fiber biasanya dinamakan kabel optic dan digunakan untuk mentransmisikan signal2 cahaya dengan jarak jauh.
Jika anda melihat secara dekat satu buah fiber, anda akan melihat bagian2 seperti beikut ini :

·         Core               èGelas yang tipis dari fiber dimana cahaya bergerak
·        Cladding         èMaterial luar optic yg mengelilingi core yang memantulkan cahaya kembali ke core.
·        Buffer coatingèLapisan plastic yg melindungi fiber dari kerusakan dan kelembaban.



 
Fiber optic dalam kabel dilindungi oleh pelindung luar yang dinamakan Jacketing.

2 Type fiber optic :
Ø  Single-mode fiber
Ø  Multi-mode fiber

Single mode memiliki core yang kecil (dimeternya sekitar 3.5 x 10-4 inch atau 9 mikron) dan mentransmisikan sinar laser inframerah (panjang gelombang = 1300 s/d 1550 nm).

Multi-mode fiber core lebih besar (diameternya sekitar 2.5 x 10-3 inch atau 62.5 mikron) dan mentransmisikan sinar inframerah (panjang gelombang = 850 s/d 1300 nm) dari LEDs (Light-emitting diodes)

Beberapa fiber optic dapat dibuat dari plastic. Fiber jenis ini mempunyai core yang besar (0.04 inch atau 1 mm) dan mentransmisikan cahaya merah yg tampak (panjang gelombang = 650 nm) dari LEDs.
   
BAGAIMANA FIBER OPTIK MENTRANSMISIKAN CAHAYA ?

            Anggaplah anda ingin menyorotkan sebuah lampu dengan arah lurus melalui celah yang berbentuk lurus. Pastilah arah cahaya akan lurus sehingga tidak timbul masalah. Apa yg terjadi jk celah yg dilewati belok atau bahkan berliku-liku ? Anda mungkin dapat menaruh sebuah kaca untuk memantulkan cahaya setiap sudut yg berbelok. Hal ini juga terjadi pada fiber optic.
Cahaya dalam fiber optic kabel dapat melalui inti kabel (Core) dan (Cladding) berfungsi sbg tembok kaca untuk memantulkan cahaya jk cahaya tersebut berbelok arah. Prinsip ini dinamakan Refleksi Internal Total. Karena cladding tidak menyerap cahaya dari Core, shg cahaya dpt dikirimkan pd jarak jauh. Namun demikian beberapa signal cahaya mengalami perlemahan dalam fiber optic, kebanyakan disebabkan oleh ketidakmurnian bahan gelas. Signal-signal yg mengalami perlemahan tergantung dari kemurnian bahan gelas dan panjang gelombang dari cahaya yang ditransmisikan (Contoh : u/ 850 nm = 60 ~ 70 % per km ; u/ 1300 nm = 50 ~ 60 % per km; u/ 1550 nm > 50 % per km). Beberapa fiber optic premium menunjukkan perlemaham yang lebih kecil --- ( <  10 % per km pada 1550 nm ).

SYSTEM RELAY FIBER OPTIK

Untuk mengetahui bagaimana fiber-fiber optic digunakan dalam system komunikasi, marilah kita lihat sebuah contoh dari film Perang Dunia II atau dokumenter dimana 2 armada kapal memerlukan komunikasi satu dengan lainnya. Kapten dari salah satu kapal mengirimkan pesan kpd Anak Buah Kapal di geladak kapal. ABK menerjemahkan pesan tsb ke dalam kode morse (berupa tanda titik dan strip) dan mengunakan sebuah lampu signal u/ mengirimkan pesan tersebut ke kapal lain. ABK dari kapal lain melihat pesan kode morse tersebut, mengartikannya ke dalam bahasa inggris dan megirimnya ke kapten kapal.
Sekarang, bayangkan mengerjakan ini ketika 2 kapal terpisah dari samudra beribu-ribu mil dan anda telah mempunyai system koumunikasi fiber optic diantara 2 kapal tersebut. Sistem Relay fiber optic terdiri dari :
1.   Transmiter             è Menghasilkan dan menyandikan ke dalam signal cahaya.
2.   Fiber Optik            è Mengalirkan signal cahaya dengan jarak yg jauh.
3.      Regenerator Optik è Diperlukan untuk memperkuat signal yang lemah (untuk jarakjauh).
4.      Receiver Optik      è Menerima dan menerjemahkan signal-signal cahaya.

TRANSMITTER 
Transmitter seperti ABK pada geladak kapal yang mengirimkan signal. Dia menerima pesan dan mengirimkan melalui peralatan optic untuk dinyalakan “ON” dan “OFF” dengan urutan yang benar, kemudian membangkitkan signal cahaya.

Secara fisik transmitter sekawan dengan fiber optic dan bahkan mungkin nemiliki lensa untuk memfokuskan cahaya ke dalam fiber.

Salah satu perusahan yang memproduksi kabel fiber optik di Indonesia adalah PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk yang terletak di Jl. Raya Narogong Km. 16 Cileungsi-Bogor.
Berikut Karakteristik dari kabel fiber optik sumber dari PT VOKSEL ELECTRIC, Tbk

1. Kabel Fiber Optik tipe ADSS
 www.voksel.co.id


2. Kabel Fiber Optik tipe AERIAL
www.voksel.co.id 

3. Kabel Fiber Optik tipe DUCT



4. Kabel Fiber Optik tipe DIRECT BURIED  
 
Untuk lebih lengkapnya Anda dapat mendownload catalog dari berbagai macam tipe kabel yang di produksi PT Voksel Electric, Tbk dengan mengklik  disini

Sumber: PT Voksel Electric, Tbk 

Tidak ada komentar:

close