x

#htmlcaption1 aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management #htmlcaption1 aj43 Management #htmlcaption2 aj43 Management #htmlcaption1
Selamat Datang di Website AJ43 Management "Ahmad Jaelani" 0899-0019-009 / 0822-9899-2934 Salam Hangat

Jumat, 12 Desember 2014

Team Hajir Marawis Pondok Pesantren Darul Ilmi



Kesenian yang tumbuh dan berkembang di Indonesia sangat beragam. Para musisi di tanah air tercinta ini sangat kreatif dalam mengembangkan seni, khususnya dalam bidang musik sehingga memunculkan berbagai musisi dalam berbagai aliran musik.
Kini akan membahas tentang kesenian yang berkembang sebagai salah satu musik yang bernuansa islami, yaitu marawis.

Sejarah marawis sumber dari id.m.wikipedia.org/wiki/Marawis

Kesenian marawis berasal dari negara timur tengah terutama dari Yaman. Nama marawis diambil dari nama salah satu alat musik yang dipergunakan dalam kesenian ini. Secara
keseluruhan, musik ini menggunakan hajir (gendang besar) berdiameter 45 Cm dengan tinggi 60-70 Cm, marawis (gendang kecil) berdiameter 20 Cm dengan tinggi 19 Cm, dumbuk atau (jimbe) (sejenis gendang yang berbentuk seperti dandang, memiliki diameter yang berbeda pada kedua sisinya), serta dua potong kayu bulat berdiameter sepuluh sentimeter. Kadang kala perkusi dilengkapi dengan tamborin atau krecek dan [Symbal] yang berdiameter kecil. Lagu-lagu yang berirama gambus atau padang pasir dinyanyikan sambil diiringi jenispukulan tertentu.

Perkembangan ini dimanfaatkan oleh berbagai lembaga khusunya dalam dunia pesantren modern pada saat ini. Kesenian marawis dapat kita lihat yang dimainkan oleh para santri-santri yang memukin di pondok pesantren. Kesenian marawis ini biasanya dilombakan dari berbagai tingkat dan kejuaraan dimasing-masing daerah, intansi, pesantren yang ada di Indonesia dan lai-lain.

Pondok Pesanten Darul Ilmi dipimpin oleh Ust. Unang Iskandar yang berlokasi di Dusun Cinyosog RT 004/001 Desa Pasirangin Kec. Cileungsi, Kab. Bogor 16820, memanfaatkan perkembangan kesenian marawis dengan membuat team hajir marawis dan diberi nama Team Hajir Marawis Ponpes Darul Ilmi. Kesenian marawis ini selain dimanfaatkan untuk mengisi suatu acara di pondok pesanten, namun bisa juga sebagai pengisi acara dalam PHBI (Peringatan Hari Besar Islam), hajatan baik pernikahan, khitan dan lain sebagainya. Jika para pembaca atau rekan-rekan blogger yang ingin memanggil untuk mengisi acara-acara dalam berbagai hajat ataupun lainnya kami siap membantu dengan menghubungi contac us pada menu blog ini.

Salam Blogger
AJ43 Management

"Never Give Up!"
Posting Komentar

Follow by Email