x

#htmlcaption1 aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management #htmlcaption1 aj43 Management #htmlcaption2 aj43 Management #htmlcaption1
Selamat Datang di Website AJ43 Management "Ahmad Jaelani" 0899-0019-009 / 0822-9899-2934 Salam Hangat

Senin, 14 September 2015

Tips Agar Tetap Semangat Dalam Beribadah

PonPes Miftahun Najah Lamongan-Kramatwatu 2011.



Mencegah kemaksiatan panca indra
            Menjaga mata dari melihat hal-hal yang  dilarang Allah Swt, menjaga telinga dari mendengar kata-kata yang buruk, menjaga mulut dari berkata dusta dan keji, serta menjaga anggota tubuh dari melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.  Secata khusus, mata adalah pintu utama yang palin potensaial merusak hati. Pepatah mengatakan, “Dari mata turun ke hati”. Itulah sebabnya Allah menurunkan ayat khusus agar tetap  menjaga pandangan kita. Allah SWT berfirman;

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat".(QS. 24 : 30).


Menjauhi lingkungan yang buruk
            Agar tetap semangat dalam beibadah, maka  jangan bergaul dengan teman-teman yang tidak mengajak  kita kearah kebaikan. Terdapat  kawula muda yang tidak begitu sensitive dengan akhlak  teman sepergaulannya, yang dilihat dari temannya hanyalah popularitas, kekayaan atau kecantikannya.
 Nabi SAW pernah mengingatkan, “Barangsiapa  bergaul dengan tukang api, maka akan terkena percikannya, sebaliknya, barang siapa bergaul dengan pedagang minyak wangi, maka akan kecipratan keharumannya”.
            Pepatah mengatakan, “ Jika kita ingin melihat kemuliaan seseorang , lihatlah teman-temannya”.

Al-Quran sebagai panduan umat Islam telah menginformasikan penyesalan manusia di hari kiamat karena kemitraan yang ia jalin selama di dunia adalah  kemitraan yang berorientasi materi dan  duniawi. Allah berfirman : 
.Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan sifulan[1065] itu teman akrab(ku) (QS. 25 : 28)
[1065] Yang dimaksud dengan si Fulan, ialah syaitan atau orang yang telah menyesatkannya di dunia.

Ini berarti bahwa  pertemanan adalah sesuatu yang penting dalam Islam. Karena pembentukan diri kita  jangan sangat  dipengaruhi  oleh orang-orang yang berada di sekitar kita.

Membaca buku-buku Islam
            Cara lain untuk meningkatkan semangat meningkatkan semangat ibadah adalah banyak membaca buku-buku keislamanm terutama buku-buku tentang tazkiyatun nafs kebersihan hati seperti buku-buku tentang sejarah hidup  Nabi Muhammad saw, cerita-cerita penuh hikmah dll. Baca buku Islam secara rutin dan terjadwal. Jangan pernah abai untuk membaca buku-buku Islam secara rutin.  Kalau perlu, kita mempunyai perpustakaan pribadi yang membuat kita lebih mudah membaca buku-buku Islam sesuai kebutuhan.
            Buku-buku Islam  merupakan inspirasi positif untuk mendongkrak spirit  ibadah kita. Dengan membaca buku tentang kehidupan para sahabat misalnya, kita akan termotifasi untuk menggapaai prestasi-prestasi ibadah mereka. Contoh, Tilawatul Qur’an di kalangan para sahabat , di antara mereka ada yang mampu mengkhatamkannya dalam satu pekan sekali. Ada yang tiga hari sekali yang pada akhirnya dilarang oleh Rasulullah saw dengan pertimbangan akan meminimalisir aspek tadabbur Al-Qur’an.
 
Konsisten mengikuti majlis ilmu
            Hal penting lainnya dalam menjaga semangat ibadah adalah menghadiri pengajian secara rutin. Pengajian disini maksudnya adalah belajar agama aqidah, akhlaq, ibadah, fiqih dll bukan sekedat membaca Al-Qur’an.
            Sebaliknya setiap muslim memiliki pengajian tetap yang dikunjungi secara rutin. Salah satu perbedaan umat dahulu dan kini adalah umat Islam terdahulu salaf  mempunyai  kebiasaan ngaji. Bahkan  mereka merasa aib jika absen  dari pengajian. Sebaliknya  umat Islam sekarang tidak lagi suka dengan pengajian, ikut pengajian tidak lagi menjadi agenda prioritas dalam jadwal mereka. Kalau ada waktu kosong baru mereka ngaji. Bukan sebaliknya, berani mengorbankan acara lain demi mengikuti pengjian secara rutin.
            Faedah mengikuti pengajian sangat banyak. Diantaranya seperti yang disabdakan Nabi Muhammad saw ,” Tidak ada suatu kaum yang menghadiri majekis dzikir  pengajian  kecuali malaikat akan mengelilinginya selama berda di dalam majelis,  dilingkupi oleh rahmat-Nya, diturunkan ketenangan  ke dalam hatinya , dan disebut-sebut  namanya oleh Allah SWT di hadapan makhluk-makhluk dilangit”.

Menambah ibadah sunnah
            Jika semangat ibadah ingin lebih mantap lagi, sebaliknya kita juga melakukan ibadah sunnah yang merupakan ibadah tambahan  nafilah.  Ibadah sunnah itu banyak, antara lain: membaca  Al­-Qur’an, sholat dhuha, sholat tahajud, infak, shaum sunnah, bersedekah dll. Lakukan dengan rutin walau sedikit daripada  sekaligus tetapi jarang. “Amal yang disukai Allah adalah amal yang rutin walau sedikit”.HR, Muslim. Untuk menjaga rutinitas idadah sunnah sebaiknya Anda membuat catatan tentang ibadah yang sudah dan belum dilakukan dalam setiap hari. Insya Allah dengan rutinitas ibadah sunnah, iman kita akan selalu prima. Wallahu ‘alam



Sumber: ALAMAR ”Maintenance Spirit Ibadah” edisi 88 vii/2011/www.alamar.co.id
Poskan Komentar

Follow by Email