x

#htmlcaption1 aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management aj43 Management #htmlcaption1 aj43 Management #htmlcaption2 aj43 Management #htmlcaption1
Selamat Datang di Website AJ43 Management "Ahmad Jaelani" 0899-0019-009 / 0822-9899-2934 Salam Hangat

Jumat, 12 Desember 2014

Manfaat dan Efek Samping Melinjo / Tangkil


Sangat beragam tanaman yang tumbuh di Indonesia dan memiliki ciri khas, maafaat dan efek tersendiri dari tumbuhan tersebut. Pada tulisan ini dan dibantu dengan berbagai sumber akan memaparkan tentang tanaman Melinjo, namun orang sunda menyebutannya dengan Tangkil.

Pada umumnya masyarakat memanfaatkan melinjo ini untuk berbagai macam makanan olahan. Daun melinjo muda dan kulit buah melinjo biasa dimanfaatkan sebagai sayuran, sementara buahnya biasa diolah menjadi emping yang dikenal dengan emping melinjo.

Berikut Manfaat dan efek samping Melinjo bagi kesehatan:
Melinjo ini juga memiliki manfaat dalam pengobatan tradisional herbal. Diantaranya:
Melinjo untuk memperlacar air seni: Caranya Yaitu memanfaatkan kulit melinjo yang dikukus kemudian bisa dimakan langsung. Atau Bisa juga dimakan dengan terlebih dahulu diolah menjadi sayuran/campuran masakan sayur.

Melinjo untuk mengatasi anemia dan busung lapar:
Caranya sama dengan diatas, yakni dikukus atau diolah sebagai sayuran.
Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan secara terpublikasi, Melinjo juga dipercaya melancarkan proses persalinan. Dan daun melinjo juga bisa dipakai untuk mengobati sakit mata.

Efek samping melinjo bagi kesehatan
Walaupun melinjo memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, nampaknya kita tak boleh sembarangan mengkonsumsinya. Terutama bagi penderita asam urat dan darah tinggi. Melinjo memiliki kadar purin yang tinggi, sehingga tidak baik untuk penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah tersebut. Namun jika Anda tidak memiliki keluhan mengenai penyakit asam urat atau darah tinggi, mengkonsumsi melinjo mungkin tidak akan membawa masalah. Namun alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, terutama buah melinjo yang telah diolah menjadi emping melinjo.

Perlu diketahui, bahwa emping melinjo saat diolah juga melalui proses penggorengan, sehingga kadar minyak yang terkandung bisa berefek tak baik bagi kesehatan.


Posting Komentar

Follow by Email